Yang Belum Terucapkan Untukmu

0f0817b56a8e2eecbc3d810f0d9de8ce

Untuk Ibuku sayang, apa kabarmu hari ini?

Maafkan aku tidak pernah menanyakanmu setiap hari. Aku hanya salah satu anakmu yang makin sibuk dengan dunianya sendiri. Maafkan anakmu yang hanya peduli dengan urusannya sendiri dan terkadang melupakanmu. Namun perasaanku tidak berubah, masih sangat mencintaimu.

 

Hari ini aku mendengarkan lagu yang sama hampir sepanjang hari. Entah mengapa sebuah lagu membuat perasaanku menjadi sedih dan entah mengapa lagu itu membuatku teringat padamu.

When I miss you so much that I can’t take it

When I long for you too much

I endlessly walk by myself

I can only think of the things I didn’t do for you when we were together

So all my memories remain as regret..

 

Ibu, bagaimana perasaanmu memiliki aku selama lebih dari 18 tahun saat ini?

 

Bagaimana rasanya memiliki anak yang pernah membuatmu menangis, yang pernah buatmu kecewa, membuatmu sedih, membuat ibu marah. Tetapi dia belum pernah membuatmu bahagia, bangga, senang karena memilikinya. Aku yang membuat keriput diwajahmu. Aku yang membuat tidak bisa tertidur nyenyak di malam hari. Aku yang membuatmu membawaku kemana pun selama 9 bulan.

 

Ibu, kini rambutmu mulai memutih. Matamu tidak lagi bisa membaca tanpa kacamata. Kepalamu akan sakit jika terkena sinar panas matahari. Aku tahu usiamu tidak lagi muda. Seketika aku merasa sangat takut. Bagaimana jika bertahun kemudian kau tidak lagi bersamaku. Bagaimana jika bertahun kemudian aku tidak bisa lagi mendengar suaramu memanggil namaku. Bagaimana jika suatu saat nanti aku tidak dapat lagi menggandeng tanganmu.

 

Ibuku sayang, bagaimana hari mu hari ini?

Maafkan aku yang hanya bisa mengadu dan meminta.

Maafkan aku yang belum bisa mengerti perasaanmu.

Maafkan aku yang masih tenggelam di dalam duniaku sendiri.

 

When I couldn’t see anything
You’re the one who brilliantly came to me

 

large (3)

 

 

 

Malang, 10 Mei 2014

20.48 pm

Leave a Reply

